Selasa, 16 Agustus 2016

PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN KOTA YOGYAKARTA
Sekretariat : Jalan Suryopranoto Nomor 54 Gunungketur Pakualaman Yogyakarta
www.panwasjogja.com
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

PRESS RELEASE

Awasi Pemutakhiran Data Pemilih
Pada Pemilihan Walikota & Wakil Walikota Yogyakarta 2017

Proses Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta akan segera memasuki masa penting yaitu Pemutakhiran dan Penetapan Data Pemilih Pada 18 Agustus 2016 nanti. Tahapan ini menjadi salah satu tahapan yang diawasi sangat ketat oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Yogyakarta karena berkaca pada proses Pileg/Pilpres sebelumnya banyak kesalahan terjadi pada tahapan ini.
PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) adalah ujung tombak pada tahap Pemutakhiran dan Penetapan Data Pemilih Ini, untuk itu diperlukan PPDP yang memiliki integritas, netralitas dan mampu bekerja sesuai petunjuk teknis dan peraturan Perundang-undangan.
Untuk mengantisipasi semua masalah terkait Pemutakhiran dan penetapan data pemilih ini, pihak Panwas Kota Yogyakarta sudah mengirimkan surat bernomor 
 P. 032/PANWAS-YKA/WAS/08/2016 kepada KPU Kota Yogyakarta yang berisi himbauan untuk :

1.      Dalam melaksanakan Proses Pemutakhiran data pemilih KPU Kota Yogyakarta harus sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
2.      Memastikan Netralitas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).
3.      Memastikan PPDP memenuhi asas Penyelenggara Pemilihan (mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibilitas)
4.      Memastikan PPDP berdomisili di wilayah  Tempat Pemungutan Suara (TPS) pemilihan terakhir yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
5.      Memastikan PPDP melaksanakan coklit sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
6.      Memastikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam menyusun daftar pemillih harus mengedepankan ketelitian dan keseriusan serta berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Lapangan (PPL)
7.      Memastikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan Rekapitulasi daftar pemilih mengedepankan ketelitian dan keseriusan serta berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan.
8.      PPK wajib menindaklanjuti saran perbaikan daftar pemilih dari Panwas Kecamatan.

Panwas Kota Yogyakarta mengharapkan peran serta masyarakat dalam bentuk pengawasan partisipatif termasuk pada tahapan pemutakhiran dan penetapan Daftar Pemilih ini. Bagi masyarakat yang menemukan masalah dalam daftar pemilih bisa melaporkan ke Panwas Kota Yogyakarta pada email panwasjogja2017@gmail.com atau sms hotline ke 087839655594

Tidak ada komentar:

Posting Komentar